Contact Us

Your Name :

Your Email: *

Subject:

Your Message: *

Begini Cara Hindari Ujaran Kebencian di Medsos

Zaman yang semakin maju membuat hal apapun dapat dilakukan dengan mudahnya
Share it:

iklan
iklan

Hasil gambar untuk social media
Ilustrasi Social Media, Source : Wordstream

Pantau.com - Zaman yang semakin maju membuat hal apapun dapat dilakukan dengan mudahnya, misalkan jika anda ingin melihat tayangan yang anda suka, anda hanya perlu membuka youtube dan masukan kata pencarian tayangan yang anda sukai.


Ataupun ingin curhat atau mengekspresikan apa yang dihadapi seseorang? Hanya tinggal perlu membuka facebook saja dan beberapa ketikan atau sentuhan huruf pada device maka curhatan anda akan langsung tersimpan dan dibagikan dengan teman-teman anda yang lainnya.

Tetapi dari kemudahannya teknologi saat ini, ternyata juga menyimpan hal-hal negatif yang dapat mengundang kejadian buruk kepada anda. Contoh saja Ustaz Zulkifli, akibat ceramahnya yang mengandung ujaran kebencian akhirnya berakhir dengan kurungan penjara.

Ataupun kasus yang menimpa Joshua Suherman dimana dalam aksi stand up comedy nya dianggap telah menghina agama islam sehingga dirinya dilaporkan oleh beberapa ormas islam. Saat ini Indonesia dihadapi dengan begitu banyaknya “Ujaran Kebencian” yang tersebat luar di media social.

Dengan begitu, bisa saja hal tersebut dapat menimbulkan perpecahan sehingga Indonesia tidak bisa rukun antar satu kelompok dengan kelompok lainnya bahkan bias menyebabkan perang antar warganya sendiri seperti kasus penggulingan presiden Mesir oleh warganya karena umpatan kebencian di media sosial.

Dalam hal ini tentunya anda tidak mau hal-hal di atas dapat terwujud karena aksi ujaran kebencian yang dilakukan oleh segelintir orang dengan tujuan menimbulkan perpecahan di berbagai kalangan. Oleh karena itu berikut beberapa tips bagaimana cara menghindari ujaran kebencian di Media Sosial dengan tepat.

1. Berpikirlah Sebelum Membuat Status
Bertindak tanpa dibarengi dengan berpikir akan menjerumuskanmu ke dalam lubang masalah yang tak ada hentinya.  Malah tindakan seperti itu akan menjadi masalah yang tak akan berhenti dan akan berakhir dengan akhir yang tidak diinginkan.

Lihat Juga : dampak kriminalitas

Karena itu sebelum anda membuat sebuah status di Media Sosial, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu sebelum menekan tombol publish. Pikirkan secara berulang-ulang dan pikirkan dampak selanjutnya jika status tersebut anda unggah kepada public.

2. Jangan Asal Main Share, Cek dan Ricek Terlebih Dahulu
Dengan mudahnya kita mendapatkan informasi dan media sosial, anda juga perlu mewaspadai informasi tersebut. Pikirkanlah dua kali jika anda akan melakukan share suatu informasi kedalam beranda and ajika tidak diingin berakhir dengan kejadian yang tak diinginkan hanya gara-gara satu kali tombol share. Jadi pastikan cek dan recheck terlebih dahulu informasi yang anda dapatkan.

3. Tahan Diri Anda dari Hasutan Apapun di Media Sosial
Memang banyak informasi yang bersifat menghasut dan memprovokasi sehingga mungkin beberapa orang yang membacanya akan mudah terprovokasi sehingga berakhir dengan bencana. Menahan diri dari Informasi-informasi provokatif dapat menghindari anda dari kejadian yang tak diinginkan.

Anda tak perlu membalas hasutan tersebut dan abaikan saja hasutan tersebut. Tetapi jika hasutan tersebut telah melebihi batas dan kelewatan, anda bias melaporkan informasi yang bersifat provokatif ke cyber polri (biasanya polisi telah menyiapkan akun khusus untuk menerima pengaduan dari masyarakat terkait postingan provokatif), laporkan saja jangan takut.

4. Hormatilah Perbedaan Orang Lain
Walaupun terkadang pilihan anda berbedan dengan orang lain (contohnya saja terkait masalah pemilihan presiden) tetapi anda tetap harus menghormati pendapat orang lain. Terlebih jika pilihan orang tersebut berbeda dengan anda, jangan anda paksa orang tersebut untuk memilih sesuai dengan kehendak anda.

Setiap individu memiliki haknya masing-masing yang tidak boleh diganggu gugat. Perbedaan ini terkadang dapat menimbulkan ujaran kebencian terhadap suatu ras sehingga menyebabkan terjadinya Sara di Media Sosial.

Jadi Hormatilah perbedaan orang lain dan bersatulah karena perbedaan merupakan hal yang unik dan terindah. Jadi bijaklah dalam menggunakan media social.

iklan
Share it:

Business

Tips

Post A Comment:

0 comments: